Usaha Bidang Pangan

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Dalam bahasa sehari-hari, pangan disebut juga sebagai makanan. Setiap harinya orang butuh makan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Kebutuhan manusia akan makanan tidak akan pernah berakhir. Itu sebabnya, usaha di bidang pangan banyak diminati para pengusaha, baik pengusaha besar hingga kecil.

penjaja makanan

Indonesia kaya akan bahan pangan yang bisa kita manfaatkan. Untuk jadi pengusaha, bahasa kerennya “untuk buka bisnis”, memang butuh modal. Tapi selain modal uang, kita juga harus kreatif, bagaimana membuat produk yang disukai oleh masyarakat sehingga banyak peminatnya, dan laku terjual.

Selain itu kita juga perlu mengerti bagaimana cara mengelola sebuah usaha, sehingga usaha itu bisa bertahan dan tidak bangkrut (menderita kerugian besar hingga jatuh (tentang perusahaan, toko, dan sebagainya); gulung tikar: perusahaan itu hampir — karena selalu rugi; 2 cak habis harta bendanya; jatuh miskin: karena kesukaannya berjudi, akhirnya ia –;).

Page ini dibuat untuk membantu kita, agar mengerti bagaimana caranya membuka dan mengelola usaha/bisnis, khususnya di bidang pangan. Semua orang bisa melakukannya, termasuk kamu.

Salam, BUMBU-KACANG.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s