Godok Konsep

Pertimbangan

Untuk menentukan sebuah bidang untuk usaha, perlu ada pertimbangan yang matang sehingga semuanya berjalan secara maksimal. Kita harus mempersiapkan strategi khusus untuk segala kemungkinan terburuk yang membuat calon usaha kita jatuh. Segala sesuatu yang dilakukann serta merta agar usaha kita dapat tetap berdiri.

Khususnya untuk usaha di bidang pangan, pertimbangannya akan lebih banyak daripada membuka usaha di bidang benda mati. Bahan pangan harus diperlakukan secara khusus agar kondisinya tetap baik, dan akhirnya laku terjual. Bila perlakuan tidak benar, kondisi bahan pangan dapat rusak, sehingga tidak laku terjual dan mendatangkan kerugian.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

1.Bagaimana cara mendapatkan bahan bakunya?

Dengan waktu yang ada, apakah bahan baku tersebut memungkinkan untuk diperoleh? Bila bahan tersebut sulit diperoleh dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperolehnya, carilah bahan baku lain yang lebih memudahkan kamu. Mungkin awalnya kamu akan merasa hal tersebut bukanlah hal yang penting untuk dipertimbangkan, namun kamu harus dapat merefleksikan hal-hal yang mungkin terjadi didepan. Apabila usahamu sukses dan sedang mendapat pesanan yang banyak dalam waktu singkat, sedangkan bahan bakumu membutuhkan 1 minggu lamanya untuk dapat diperoleh, bagaimana kamu dapat menjualnya kepada konsumen?

2.Apakah pasarnya sudah ada?

Hal ini penting sekali untuk kamu pertimbangkan. Bila pasar sudah ada, kamu tidak perlu lagi pusing apakah usahamu bisa berjalan atau tidak, karena setidaknya usahamu bisa dijalankan karena ada peminat produkmu yang akan memberikanmu keuntungan. Tapi, belum tentu peminat produkmu akan selamanya membeli produkmu bukan?

Untuk kamu yang belum yakin apakah pasar produkmu sudah ada, PR besar untuk kamu. Pasar seperti jantung dari sebuah usaha. Bila pasar tidak ada pasti usaha tersebut tidak dapat dijalankan. Untuk memastikan apakah produkmu memiliki pasar, kamu dapat melakukan Buying Intention Survey

Mungkin kamu memilih kiblat “Technology Push“. Untuk memperoleh pasarnya, berarti kamu harus mengenalkan teknologi baru yang kamu tawarkan itu. Kuncinya, buat masyarakat mengenal dan merasa akrab dengan teknologi baru itu. Mengenal berarti masyarakat mengerti apa produkmu, solusi apa yang ditawarkan produkmu, dan bagaimana cara produkmu bekerja agar dapat menjadi solusi mereka.



Ketika bahan baku dan pasar sudah tersedia..

Saat bahan baku dan pasar sudah dapat dipastikan tersedia, maka sekaranglah waktunya mempersiapkan produkmu.

1.Menetapkan produknya

diet-dieting-concept-healthy-food-beautiful-young-woman-choosing-between-fruits-and-sweets-1.jpgPenetapan produk bisa kamu lakukan setelah kamu yakin 2 pertimbangan diatas dapat teratasi dengan baik.

2.Mencari resepnya

cooking-kitchen-recipe-ipad-tablet-ss-1920-800x450.jpg

Usaha di bidang pangan, tentunya mengutamakan rasa. Makanan dan minuman yang dikonsumsi orang harus enak, karena untuk dinikmati. Untuk memperoleh rasa yang enak tentunya kamu perlu menemukan resep terbaik. Perlu ada percobaan beberapa kali dengan resep yang berbeda-beda sehingga ditemukan resep terbaik dari yang terbaik. Tanyakan kepada banyak orang bagaimana rasa produkmu itu, apakah enak atau tidak. Satu orang yang mengatakan enak tidak menjamin bahwa produkmu benar enak. Setiap orang memiliki seleranya masing-masing, carilah resep sesuai dengan selera mayoritas calon pembeli. Bukan bermaksud mendeskriminasi, tapi bila kita mmembuat resep sesuai dengan selera mayoritas berarti peluang kita mendapat untung tinggi semakin besar, daripada membuat resep yang hanya sesuai dengan segelintir orang. Sedikit orang yang suka, dan belum tentu yang suka bersedia membeli.

3.Melatih/mempraktikan cara pembuatannya

woman-cooking-at-home.jpg

latihan sangat dibutuhkan untuk kamu yang sudah menentukan resep rahasiamu. Latihan ini berguna untuk meminimalkan kemungkinan produkmu berubah-rubah. Bila rasa produkmu tidak stabil tentu akan mempengaruhi pembelian.

Misalnya, hari ini seseorang membeli produkmu, berupa jus, dan didapatkan ternyata produkmu manis dan enak. Waktu berikutnya ia membeli produkmu lagi, dengan ekspektasi bahwa produk yang akan ia minum adalah produk manis dan enak, sama seperti yang sebelumnya ia rasa. Tapi ternyata karena produkmu berubah-ubah, produk yang ia beli hari ini ternyata asam. Ketika hal seperti ini terjadi, orang tersebut dapat dipastikan tidak akan membeli produkmu lagi karena ia tahu pembelian berikutnya tidak menjamin ia dapat memperoleh produk dengan rasa yang sama seperti produk yang ia beli pertama kali.

4.Menentukan merek & Mendesain kemasan.

Terakhir, tentukanlah merek dan desain kemasanmu. Buatlah merek dan desain kemasan yang mudah diingat orang sehingga produkmu dapat melekat pada pikiran mereka. Bila mereka memikirkan produkmu, maka ada potensi bahwa mereka akan membeli produkmu. Desain kemasanmu secantik mungkin, sehingga menarik orang untuk mau melihat produkmu, dan membelinya. Jangan tambahkan atribut-atribut lucu tanpa ada fungsinya, yang dapat meningkatkan harga produksi produkmu itu. Hindari pengeluaran produksi yang terlalu besar sehingga keuntungan yang kamu dapat bisa maksimal.

PABLO CHEESETART INDONESIA-10.jpg
Gambar. Pablo Cheese Tart

Menentukan 4 poin diatas memang tidak mungkin dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari. Diperlukan ketekunan dan motivasi yang kuat dan stabil setiap harinya, agar kita dapat menentukan produk yang mau kita jual. Hambatan pasti ada, bahkan ketika kamu masih mempersiapkan produkmu sebelum diluncurkan. Jangan menyerah, perjuanganmu masih panjang.

Kisah Puyo Silky Dessert ini mungkin dapat menjadi referensi dan memotivasi kamu untuk menentukan produk usahamu.

puyo

Kisah Sukses Kakak dan Adik dalam Bisnis Puding

Resep Ayah pada Puyo Dessert

Mengintip Kisah Sukses Si Lembut Puyo Silky Dessert

Salam,

BUMBU-KACANG

Advertisements

One thought on “Godok Konsep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s