Bekal Utama Buka Usaha: Belajar Manajemen

Mau buka usaha? Sudah menentukan mau buka usaha apa? Kalau kamu belum tentukan, mungkin postingan BUMBU-KACANG sebelumnya, Mau Bisnis di Bidang Pangan, bisa membantu 🙂

Kalau kamu sudah tentukan mau buka usaha apa, sekarang waktunya kamu susun perusahaanmu dari awal. Beberapa hal penting yang harus kamu tentukan untuk melakukan pengaturan/manajemen untuk usahamu adalah sebagai berikut:

  1. Visi & Misi

    Hal penting yang perlu ditentukan untuk sebuah perusahaan adalah visi.

    visi/vi·si/ n 1 kemampuan untuk melihat pada inti persoalan; 2 pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai — yang sama mengenai perjuangan bangsa; 3 kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan; 4 apa yang tampak dalam khayalan; 5 penglihatan; pengamatan.Bisa dikatakan, visi adalah harapan kita, tujuan kita yang paling tinggi. Letakkan visimu setinggi langit.

    Contoh: di dunia perkuliahan, tujuan mahasiswanya mau jadi sarjana, misinya mau jdi orang berguna, visinya mau berbakti kepada nusa bangsa dan orangtua serta Tuhan YME.

  2.  Tujuan

    Setelah menetapkan visi & misi, yang perlu ditentukan selanjutnya adalah tujuan. kenapa tujuan? karena definisi dari manajemen itu sendiri mengharuskan kita menetapkan tujuan.

    manajemen/ma·na·je·men/ /manajemén/ n Man 1 penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran; 2 pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi;Dengan sebuah tujuan, segala sesuatu yang kita lakukan akan lebih terarah, karena kita tau kemana kita harus melangkah untuk mencapai titik akhir yang sudah kita tetapkan yakni tujuan kita.

    Beda tujuan dan maksud? Contoh: Tujuan ke coffeeshop, maksud beli avocado coffee, tapi avocado-nya tidak tersedia. Sehingga dapat dikatakan “maksud”nya tidak sampai, tapi “tujuan”nya terpenuhi.

  3. Sasaran

    Setelah tujuan, tentukan sasaran. Bedanya dengan tujuan, sasaran adalah tujuan yg ada parameternya sehingga bisa kita ukur. Contoh: Di kuliah, sasaran adalah kelulusan yang bisa kita ukur, seperti mau lulus 3 atau 4 taun; IP diatas 3.

    sasaran/sa·sar·an/ n 1 bulan-bulanan; yang disasarkan; hasil menyasar; 2 sesuatu yang menjadi tujuan (yang dikritik, dimarahi, dan sebagainya); 3Olr bagian tubuh di atas garis khayal pada pusar sampai batas telinga, tidak termasuk lengan atau bahu;– antara sasaran yang ditentukan untuk dicapai sebagai landasan bagi pencapaian sasaran utama; – daerah sasaran tembakan meriam atau bom yang meliputi ruang yang sangat luas; – dalam sasaran yang mempunyai kedalaman; — utama sasaran yang menjadi skala prioritas


Persiapan untuk mencapai 4 pilar diatas.

Berdasarkan definisi manajemen, dimana telah disebutkan diatas sebagai “Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran”, maka sumber daya yang dimaksud adalah ASET.

Aset, dalam definisi manajemen, adalah sesuatu yang kita atur sehingga dapat mencapai sasaran. Aset yang dimaksud dapat berupa:

  1. Sumber daya manusia

Produksi-Teh-Nasional-Turun-091013-ol-3-620x330

  1. Modal

modal-usaha.jpg

3. Teknologi

food-science.jpg

4. Bahan Baku

sumber-daya-2.jpg

5. Waktu

waktu.jpg


Strategi, Rencana Besar untuk Mengelola Aset.

Setelah kita mengumpulkan dan mendata apa saja aset yang kita miliki, sekarang waktunya berpikir dan menentukan bagaimana mengelola aset kita sehingga bisnis kita bisa berjalan. Untuk menjalankan aset yang kita punya, kita butuh sebuah rencana besar strategi untuk mencapai tujuan kita.

strategi/stra·te·gi/ /stratégi/ n1 ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai; 2 ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul — seorang perwira di medan perang; 3 rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; 4 tempat yang baik menurut siasat perang;

Strategi adalah cara kita mengatur semua aset agar dapat dimaksimalkan, sehingga mengarahkan aset kita menuju sasaran, tujuan, misi, dan visi. Kalau tujuan bergeser sedikit, maka akan ada perubahan sederhana dalam strategi kita. Namun bila tujuan kita berubah secara signifikan, maka kita perlu merubah strategi.

Perubahan sederhana dapat diakali dengan mengganti sedikit dari aset yang kita punya, diubah sedemikian rupa agar bisa mengikuti rute yang sesuai dengan tujuan baru kita. Namun bila perubahan strategi dilakukan, maka perubahan itu butuh biaya yang mahal karena kita harus mengubahnya dari titik awal, dari nol.

Ada yang dikenal dengan istilah taktik/manuver.

taktik/tak·tik/n1 rencana atau tindakan yang bersistem untuk mencapai tujuan; pelaksanaan strategi; siasat: — perang gerilya semakin mantap; 2muslihat: dengan — yang jitu, akhirnya ia berhasil menangkap penjahat itu

Taktik dilakukan untuk membantu kita menghadapi thread/rintangan, sehingga kita bisa bertahan dalam rute yang sudah kita tetapkan, untuk mencapai tujuan kita. Taktik dikenal juga sebagai langkah improvisasi guna menghindari hambatan agar bisa tetap mencapai tujuan. Seringkali taktik juga digunakan untuk mengecoh lawan, dalam hal bisnis maksudnya adalah pesaing bisnis.

yang harus diingat adalah, kalau kita ingin melakukan improvisasi, kita harus segera kembali ke arah yang sudah kita tetapkan pada mulanya. Hal ini biasanya yang membuat banyak orang jatuh karena seringkali lupa apa tujuan awal mereka.

 

Ilmu mengelola sangat diperlukan untuk kita, dalam segala aspek kehidupan, tidak hanya ketika kita mau buka usaha. Selamat mempersiapkan diri 🙂 – BUMBU-KACANG

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s